Penulis : Khoir Randi Purnomo
Mahasiswa Pendidikan Sosiologi
Universitas Pendidikan Indonesia
Kendala dalam penerapan kurikulum 2013 untuk mata
pelajaran sosiologi yang saya temukan dilapangan saat melakukan observasi
adalah banyak guru yang tidak siap dengan kurikulum ini hal ini terbukti dengan
masih banyak dalam prakteknya guru dikelas mengunakan metode ceramah atau teacher center yang berpusat pada guru sebagai pemegang
informasi satu arah, yang seharusnya tidak lagi menggunakan hal tersebut namun
menggunakan pendekatan Student Center
yang mana pendekata ini memberikan ruang gerak yang bebas terhadap peserta
didik untuk mengembangkan dirinya dengan memperluas materi yang disampaikan.
Dengan diadakannya kurikulum 2013 seharusnya peran guru harusnya hanya menjadi
fasilitator namun pada kenyataannya dilapangan hal ini masih sulit untuk
dalakukan karena SDM guru yang belum semua terbiasa dengan kurikulum 2013 dan
masih belum ratanya sosialisai dari pemerintah mengenai kurikulum 2013 ini
kepada semua guru.
Kendala lain dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk
mata pelajaran sosiologi adalah buku pamong untuk guru sosiologi belum ada,
menurut ibu Elis beliau adalah guru dari salah satu sekolah swasta di Bandung
beliau belum mendapatkan buku pegangan kuikulum 2013 untuk guru. jadi dalam praktek mengajarnya masih terdapat
kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 karena siswanya pun seperti belum
siap dalam menerima kurikulum 2013.
No comments:
Post a Comment