Penulis : Rijki Ramdani
Jurusan : Ilmu Pendidikan Agama Islam
Mahasiswa Universitas Pendidikan Agama Islam
Dalam startetgi untuk mewujudkan atau mengembangan kreativitas
anak, memerlukan beberapa peninjauan terlebih dahulu suapay kita tahu seberapa
kreativkah anak tersebut, maka dibutuhkanlah pengukuran, diatas sudah saya
jelaskan, kini saatnya kita masuk pada strategi.
Banyak sekali orang menuliskan strategi-strategi yang dilakukan
untuk perkembangan ini, tetapi saya menguti dari sebuah internet http://111301117rjp.blogspot.com/2013/09/pendekatan-4-p-dalam-pengembangan.html
yaitu dengan 4P:
1.
Pribadi : dalam startegi yang pertama ini kita melihat terlebih dahulu
keunikan yang sering dilakukan dengan lingkungannya, maka dengan melihat
keunikan itu muncullah ide-ide baru untuk berkreativitas terhadap apa yang
didepannya atau lingkungannya.
2.
Pendorong : kreativitas anak harus adanya pendorong untuk lebih semangat
dalam berkreativitas, pendorong fasilitas, motivasi dari guru orang tua maupun
teman dan juga lingkungan sekitarnya
3.
Proses : dalam hal ini anak harusdiberikan keleluasaan waktu untuk
sepenuhnya terhadap proses kretivitas anak, juga pendidik harus memberikan
sarana prasarana yang dia butuhkan. Yang terpeting berikan kebebasan terhadap
dia untuk mengkplor tetapi tidak merugikan orang lain juga lingkungannya.
4.
Produk : hal ini yang sangat berperan adalan pribadi dan lingkungannya,
seberapa kretivnya dia dan juga dorongan yang penuh dari luar agar menciptakan
sebuah produk yang bermakna dan disegani oleg orang lain.
(Sumber : Internet
http://111301117rjp.blogspot.com/2013/09/pendekatan-4-p-dalam-pengembangan.html)
Ada pula strategi pengajaran yang diungkapkan oleh
Horng dkk (2005), yaitu :
1.
Pembelajaran yang berpusat pada siswa
Maksudnya
dalm proses belajar pendidik memberikan keleluasaan untuk siswa dalam
mengekplor kretaivitas anak.
2. Penggunaan
berbagai peralatan bantu dalam pengajaran
Pendidik harus memberikan sarana atas prasarana atau
dorongan motivasi terhadap anak supaya lebih semangat dalam kretivitasnya
3.
Strategi manajemen kelas
Pendidik mengatur segala apa yang seharusnya diatur
terhadap proses kretivitas ketika di kelas
4.
Menghubungkan isi pengajaran
dengan konteks kehidupan nyata
Pendidik memberikan arahan terhadap anak supaya anak
sudah mempunyai gambaran baru terhadap apa yng akan dilakukan anak dengan
menggambarkan kehidupan yang nyata
5.
Menggunakan pertanyaan
terbuka
anak
diberikan keleluasaan untuk terus bertanya demi adanya dorongan atau ide-ide
yang diberikan oleh pendidik
(Sumber : Internet
http://gagadribowo.blogspot.com/2012/01/mengembangkan-kreativitas-peserta-didik.html)
No comments:
Post a Comment