Kajian Ayat Tafsir Quran Surat Luqman [31] : 20-25


Lebih lengkapnya download:
Size: 550 Kb

KAJIAN AYAT SURAT LUQMAN [31] : 20-25

A.      AL QURAN SURAT LUQMAN [31] : 20-25  

Artinya :“tidakkah kamu perhatikan Sesungguhnya Allah telah menundukkan untuk (kepentingan)mu apa yang di langit dan apa yang di bumi dan menyempurnakan untukmu nikmat-Nya lahir dan batin. dan di antara manusia ada yang membantah tentang (keesaan) Allah tanpa ilmu pengetahuan atau petunjuk dan tanpa kitab yang memberi penerangan. (20) dan apabila dikatakan kepada mereka: "Ikutilah apa yang diturunkan Allah". mereka menjawab: "(Tidak), tapi Kami (hanya) mengikuti apa yang Kami dapati bapak-bapak Kami mengerjakannya". dan Apakah mereka (akan mengikuti bapak-bapak mereka) walaupun syaitan itu menyeru mereka ke dalam siksa api yang menyala-nyala (neraka)? (21) dan Barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang Dia orang yang berbuat kebaikan, Maka Sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan. (22) dan Barangsiapa kafir Maka kekafirannya itu janganlah menyedihkanmu. hanya kepada Kami-lah mereka kembali, lalu Kami beritakan kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala isi hati. (23) Kami biarkan mereka bersenang-senang sebentar, kemudian Kami paksa mereka (masuk) ke dalam siksa yang keras. (24) dan Sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menciptakan langit dan bumi?" tentu mereka akan menjawab: "Allah". Katakanlah : "Segala puji bagi Allah"; tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui. (25) (Q.S. Luqman [31] : 20-21)

B.       ASBAB NUZUL AYAT
Dalam surat Luqman terdiri dari 34 ayat yang ada beberapa ayat yang memiliki asbabun nuzulnya. Merujuk pada sebuah website Asbabun Nuzul users6.nofeehost.com, surat Luqman ini hanya memiliki 2 ayat yang ada asbabun nuzulnya yaitu ayat ke 6 dan ke 34, berarti ayat yang kita kaji yaitu Luqman ayat 20-25 tidak memiki asbabun nuzulnya. Tetapi disini akan menjelaskan keterangan dari surat Luqman.
Merujuk pada sebuah internet dengan alamat Wikipedia.com bahwa Surah Luqman adalah surah ke-31 dalam al-Qur'an. Surah ini terdiri dari atas 34 ayat dan termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Surat ini diturunkan setelah surat As-Saffat. Nama Luqman diambil dari kisah tentang luqman yang diceritakan dalam surah ini tentang bagaimana ia mendidik anaknya.
C.      MAKNA GLOBAL
Membaca sekilas dari segi arti surat Luqman ayat 20-25, ayat ini merupakan suatu bantahan Allah atau peringatan Allah atas apa yang Allah ciptakan di bumi dan langit yang senantiasa mereka manusia mengingkari atas apa yang diciptakan oleh Allah dalam artian mereka musyrik.........................................

No comments:

Post a Comment