Siswa Sekolah di Korea!!


“MUSIM KAMPANYE ! “


yeeeeeeeee sekarang mah jaman2nya ulangan umum, UAS, apalah lagi sebutannya. walaupun di sekolahko gak pake sistem ulum (byasa sekola keren) tapi tetep aja sibuk banget. nah penasaran gak gimana sih sebenernya sekolah di korea ? penasaran ? makanya baca postingan ini

sistem sekolah di korea sebenarnya beda beda mirip sama di indonesia. mulai dari sd, smp, sma, kuliah juga sama. Bedanya tahun ajaran baru di korea itu bulan Maret, kalo kita Juli. Tapi tapi tapi emang deh biaya hidup di korea sono tuh tinggi banget. school fee mereka itu sekitar 500,000 – 1,500,000 won untuk secondary school dan 3-8 juta won utk universitas selama setahun. huhuhu RUPIAHIN SENDIRI !

Jam masuk sekolah di korsel juga beda ma kita. Mereka sekolah dari jam 7 pagi sampe jam 10 malem ! gile bener … ngapain aja tuh ? sering kan di drama2 itu diliatin pulskul malem-malem ? oh ternyata itu baru pulskul. ako juga masih inget banget taemin blg gini pas di school of rock “mama jemput aku lebih awal ya. JAM 11 !”. ya elah jam 11 itu awal ? jam segitu pelajar di indo lagi pada nonton terlanjur cinta di sctv (ako doank sih). tapi ada yg blg katanya skola di korea dimulai dari jam 9 pagi sampe jam 3 sore. tapi kata kakak kelasko yg taon kemaren study banding ke korsel, mreka sekolahnya pagi sama kaya kita yaitu jam 7.
kerja keras kaya gini jelas utk bisa mendapatkan hasil yg terbaik saat ujian. ngerinya masa-masa ujian itu masa-masa dimana siswa/i pada bunuh diri. kyaaaa serem bener ! tapi pas baca artikel kompas taon 2002 (gtw deh udah brubah apa kaga) di korsel itu gak kenal sama yg namanya “gak naik kelas” jadi semua muridnya pada naik kelas semua.

Jelas dengan jam belajar yg padet banget, pendidikan korea mampu menduduki peringkat ke 11 di dunia. Tapi, sebenernya sistem belajar di korea sering di kritik krn kebanyakan pasif dan menghafal. beda banget sama kita yg katanya muridnya aktif tapi ujung2nya gak ngerti. ako bingung sebenernya kurikulum skrg tuh apa sih ? tiap taon ganti !


Oh ya tahu kenapa sekolah2 di korsel begitu maju ? oww oww oww itu semua krn perusahaan2 besar kaya hyundai, samsung, sama LG yg mendirikan/punya andil suatu sekolah. jadi pemerintah cuma nambahin dikit2. mungkin kalo sekolahnya yg punya LG hapenya LG semua. halah !sebenernya maw nambahin ttg seragam sekolah di korea tapi postingannya pasti jdi panjang bgt. hohoho besok bakal ako post. kalo udah ada yg pernah ke korea dan pengen nambahin ayo2 tulis di comment. tulisan ini hanya berdasarkan google search aja

No comments:

Post a Comment